Pengalaman Wawancara di Ruangguru 2022, HR & User Interview

Setelah sebelumnya aku membagikan pengalaman yang sangat berkesan tentang interview di iPrice, kali ini aku mau bagikan pengalaman interview yang ALHAMDULILLAH berhasil memasuki user interview. Yes, KATANYA, katanya sih ya, untuk di interview sama HR aja itu susahnya ampun, apalagi sampe ke user interview. Aku sih berpikir kalau mereka bersedia menginterview aku, artinya aku punya nilai jual. Wkwkwkwkwk PD banget

Saat itu aku melamar posisi Customer Relationship Management (CRM). Jadi setelah aku kirimkan CV dan portfolio melalui website mereka, akhirnya seminggu kemudian aku mendapatkan undangan interview melalui whatsapp oleh Talent Acquisition dari Ruangguru. Jadi dia memberitahukan jadwal interview, PLUS harus menyelesaikan study case yang dikirimkan lewat email. Aku diberi waktu 3 hari untuk menyelesaikan study case. Sorry to say that I cannot share the study case document because I believe it is confidential.

Study Case

Jadi pertanyaan study case tentunya berkaitan dengan posisi CRM yang aku lamar. Saat itu ada 3 study case yang harus aku selesaikan. Pertama mengenai customer segmentation, kedua mengenai push notification dan ketiga mengenai email marketing. Again, I cannot share the details because I’m not sure if Ruangguru allows me to do that. Namun bagi kalian yang punya niat melamar, pastikan kalian punya pemahaman yang cukup mengenai ketiga hal tersebut. However, study case bisa jadi beda beda per kandidat. Study case dalam Bahasa inggris namun kita bebas menjawab pake Bahasa Indonesia atau English.

HR Interview

Setelah 3 hari, akhirnya aku di interview sama Gladys, Talent Acquisition Ruangguru. Interview melalui google meet yang linknya akan di share melalui google calender kita. Proses interview cukup santai, kami bahkan pake AKU-KAMU. Pertanyaan cukup umum, kurang lebih sama dengan pertanyaan di iPrice. Yang terpenting adalah membuat si HR terkesan dengan value yang kita punya. Karena dari sisi HR memang itu yang dicar. Interview sekitar 1 jam dan aku banyak cerita soal pribadiku, sekolah, kerjaan, dan ilmu di posisi yang aku lamar. Saat itu, si HR tertarik sama kepribadianku, karena aku langsung dijadwalkan untuk interview selanjutnya dengan user. Aku senang dong ya, hahahaha. Aku berhasil mencuri hari si HR. Hahahaha

User Interview

Setelah sukses mencuri hati HR, aku akhirnya ketemu user untuk interview lanjutan. Jujurly, aku gak nyangka bahwa aku akan DI-GASSSS sama 3 user. GILAK, 3 orang sekaligus coy. Jadi di awal mereka tanya tentang aku dan pengalaman aku sekilas, karena aku yakin si HR udah kasi bocoran tentang aku. For the record, I failed in this process. Karena aku pikir aku belum punya pengalaman yang cukup untuk posisi ini.

a.    Presentase Hasil Study Case

Honestly, no one told me that I would present the study case. Tapi harusnya aku juga udah tau bahwa aku akan ditanya lebih banyak tentang study case. Di proses ini aku presentasekan secara detail hasil analisa yang sudah aku buat. Setiap study case aku jelasin secara detail. Dan disini, aku rasa mereka juga menilai skill kita dalam presentase. Jadi penting banget buat teman-teman untuk prepare dengan matang.

b.    Pertanyaan setiap Study Case

Gilak, aku dihajar habis-habisan disini. Rasanya kayak ujian skripsi sama dosen. Bener, feelingnya kayak gitu banget. Mereka adalah professional yang udah lama kerja di bidang ini, jadi pertanyaan mereka itu advance semua. Sebagai individu yang masih belajar di CRM, aku menjawab semampuku. Aku rasa aku puas dengan jawabanku meski mereka berharap lebih. Jadi perlu di ingat, pertanyaan mereka itu bukan bertanya nggak ngerti, tapi untuk nge-tes kemampuan kita. Ada beberapa jawaban yang mereka koreksi. Dan aku senang banget mereka mengoreksi jawabanku karena aku bisa belajar langsung yang gak akan aku dapatkan di kelas bootcamp. Ada juga beberapa pertanyaan yang aku jawab dengan salah, tapi aku tetap PD dan yaQQiin, hahahaha. Yang terpenting aku jawab dengan jujur, karena aku gak mau nanti pas keterima kerja, aku ternyata gak bisa apa-apa karena di wawancara aku bohong hanya demi mendapatkan pekerjaan ini.

The end of interview

Setelah di wawancara selama hampir 2 jam, BAYANGKAN 2 JAM DI HAJAR HABIS HABISAN SAMA 3 PROFESSIONAL, akhirnya aku berada di ujung wawancara. Finally, mereka bertanya apakah aku punya pertanyaan atau tidak sebelum sesi wawancara di tutup. Karena otakku udah panas, aku secara jujur bilang aku lega wawancara selesai, dan mereka ketawa dong wkwkwkwkwk. Aku berterimakasih atas apa waktu yang mereka luangkan. Intinya aku meninggalkan kesan baik meski aku belum sempurna.

Rejection

Setelah 5 hari berlalu, aku belum juga mendapatkan kabar tentang hasil interviewku, akhirnya aku memutuskan untuk menghubungi HR melalui whatsapp. Selang 2 hari HR mengirimkan email yang berisi penolakan secara sangat sangat halus namun tetap sakit wkwkwkwkwk. Tapi lebih bagus gini daripada digantung kan. Berikut email penolakan yang aku terima.

 

Ruangguru Interview 2022

Buat teman-teman yang sedang mempersiapkan interview di Ruangguru baik itu HR ataupun User, baik itu di posisi CRM ataupun yang lain, semoga kalian diberikan kelancaran yaaa. Dan jangan lupa prepare dengan baik, karena cuma preparation yang matang yang bisa menolong kita. Cheers….

Komentar

  1. jadi semangat baca y. selamat y. sukses buat yang nulis dan yang baca jd acuan klo ada case seperti ini, lebih semangat dan selalu berdoa/

    AA

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman jadi Barista Starbucks, coffee shop ter-hits sepanjang masa

(Part II) Pengalaman Kerja di Starbucks, Coffee Shop Ter-hits Sepanjang Masa

Kentut di Kelas? Selamat! Kita Sama