Travelling ke South Africa Selama Pandemic

So after months and months akhirnya ada kepikiran juga buat nulis blog ini dan sampilah saya di Afrika Selatan. Disini, saya coba bagi pengalaman bagaimana cara bepergian ke Afrika Selatan selama pandemic. FYI, saya berangkat ke Cape Town akhir bulan feb 2021.

Siapkan PCR Test

Jika semua dokumen udah lengkap, PCR test adalah hal yang wajib. Waktu itu PCR test saya berbahasa Indonesia karena saya test di aplikasi Halo Doc dan saya LUPA minta berbahasa inggris. Untungnya apapun bahasanya hasilnya akan tetap sama, NEGATIF dan untungnya lagi Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris untuk NEGATIF itu sama ya. Nah, karena PCR Test saya berbahas Indonesia, sempat ada masalah di Bandara Jakarta. Waktu itu saya pake Qatar Airways dan crew nya tanyain apakah di south afrika mengharuskan PCR test berbahasa inggris atau tidak. Dan untungnya lagi di website pemerinta afrika selatan tidak disebutkan ketentuan Bahasa untuk PCR test. Crew nya juga bilang kalau di website pemerintah mengharuskan PCR test berbahasa inggris, saya gak bisa berangkat. Nah jadilah saya berangkat dengan sedikit drama karena mereka harus ngecek dulu persyaratan ke South Africa. Anyway, dari Jakarta saya transit di Qatar beberapa jam.

Saran: Gunakan PCR test berbahasa inggris. JANGAN pake Bahasa Indonesia karena gak aman.

Pengecekan Visa

Setelah check in, saya ke bagian imigrasi. Mereka bakalan tanya tanya soal tujuan kita, disana ngapain aja, sama siapa, sudah ada tempat tinggal atau belum, dan berapa lama. Saya tunjikin visa saya. Karena visa saya adalah visa pelajar, saya disuruh tunjukin LOA (Letter of Acceptance) dari kampus. Setelah saya tunjukin, mereka ngebolehin saya untuk lewat.

Saran: Siapakan semua informasi di negara tujuan. Tempat tinggal, kerabat, dokumen perjalanan, surat penerimaan dari kampus (bagi pelajar), surat keterangan diterima kerja dan dokumen pendukung lainnya tergantung tujuan kita di negara tujuan. Saya juga harus tunjukin surat keterangan tempat tinggal. Karena mereka gak mau lolosin kita kalau kita aja gak tau mau tinggal dimana nantinya.

Transit di Qatar

Selama transit saya gak ditanyain lagi soal PCR test. Untuk yang pertama kali naik pesawat, jika kita transit maka seluruh bagasi tidak perlu dikpikirin lagi. Kita hanya perlu menunggu bagasi di negara tujuan saja. Beberapa jam di Qatar, saya hanya perlu serahin tiket dan langsung terbang ke cape town, sama sekali gak ditanyain soal PCR test dan Visa, hanya tunjukin passport doang.

Di pesawat, semua wajib pake masker dan gak boleh lepas sama sekali. Standard sih ya. Mereka juga nyediakan masker dan hand sanitizer buat semua penumpang. Nanti bakalan dikasi kayak tas kecil yang isinya peralatan dasar kesehatan. Asiknya pesawat gak penuh jadi bisa tidur terlentang di kursi. Wkwkwk

Sampai di Cape Town

Sesampainya di Cape Town airport, semua penumpang diwajibkan nunjukin passport, visa dan PCR test. Saya gak tau penumpang dari negara lain itu pake PCR test berbahasa apa tapi untungnya PCR test saya diterima karena hasil test yang bertanda NEGATIF itu dilingkari. Jadi pihak imigrasi South Africa itu ngebaca hasilnya doang dan mereka ngijinin kita buat lewat. Setelah itu mereka cek passport kita buat di scan. And that’s it, I guess the immigration in Jakarta was more complicated that in Cape Town.

Saran: Ketahui SEMUA informasi yang ada di negara tujuan. Perbanyak kunjungi website pemerintah negara tujuan dan baca semua tentang ketentuan Covid-19. Beda negara tujuan akan beda regulasi. Sebelum landing di Cape Town, akan ada formulir yang harus di isi oleh semua penumpang sebagai data pemerintah setempat. Formulir ini berisi informasi dasar kita dan pertanyaan seputar covid. Gampang kok, asal ngerti Bahasa inggris.

Buat yang mau tanya tanya, silahkan lempar di kolom komentar. Sebisanya akan saya jawab. Semoga membantu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman jadi Barista Starbucks, coffee shop ter-hits sepanjang masa

(Part II) Pengalaman Kerja di Starbucks, Coffee Shop Ter-hits Sepanjang Masa

Kentut di Kelas? Selamat! Kita Sama